Resep Membuat Risol Mayonais yang Renyah dah Lezat, Bikin Ketagihan Bun

Lebaran tahun ini kebagian bikin jajanan. Karena tahun lalu banyak yang suka risol mayo buatanku, tahun ini aku buat yang agak banyak. Cita rasa utama yg di butuhkan pada risol mayo adalah pemilihan jenis mayonaise dan saus serta banyaknya isi yang digunakan.


Bahan-bahan

Kulit:
  • 500 gr tepung terigu
  • 3 butir telur ayam
  • 1000 ml air
  • 1 sdt garam
  • 1 bungkus penyedap rasa
Isian:
  • 6 butir telur ayam, rebus, 1 telur di bagi menjadi 8 bagian
  • 15 buah sosis ayam, 1 sosis di bagi menjadi 8 bagian
  • 500 gr mayonaise (aku pakai merk maestro mayonais)
  • 2 botol kecil saus (aku pakai saus indofood pedas manis)
  • 1/4 kg tepung panir (secukupnya)
  • 3 butir telur, kocok

Langkah
  1. Campurkan semua bahan kulit. Aku pakai mixer dengan speed 1.
  2. Setelah halus, buat kulit dengan api sedang. Kulit yang di buat jangan terlalu tipis. Aku pakai api sedang. Jangan sampai ada bagian yang bolong.
  3. Setelah adonan kulit dingin, masukkan isian sesuai selera. (Aku masukkan 1/8 telur ayam, 1/4 sosis, 1 sdm saus dan 1 sdm mayonaise. Mayonaise bisa di beri agak banyak karena rasanya akan lebih enak. Lalu bungkus menyerupai sosis basah.
  4. Jika sudah selesai, masukkan ke dalam telur yang sudah di kocok lalu lumuri dengan tepung panir. Pastikan tepung panir lengket pada kulit risol.
  5. Goreng dengan api kecil karena isian dan kulit sudah matang. Goreng hingga coklat kekuningan tetapi jangan sampai gosong.
  6. Risol mayonaise siap di santap setelah agak dingin. Jangan di makan langsung karena saus dan mayonaise di dalamnya sangat panas setelah di goreng.


Sumber : www.cookpad.com

No comments:

Post a Comment