Resep Membuat Nutella Swirled Banana Bread Yang Lembut, Moist Dan Legit Pisan!!

Bismillah..
Kemarin anak-anak udah mulai kembali ke sekolah. Setelah libur yang paanjaaaang dan laaama 2 bulan, tentunya hari pertama sekolah pasti melelahkan. Mumpung pas ada pisang yang udah kematengan, saya pengen bikinin mereka kombinasi Banana Bread dan Nutella buat cemilan pulang sekolah nanti. Banana bread + nutella, perpaduan dari 2 cemilan favorit mereka. Kayaknya bukan cuman mereka sih, banana bread dan nutella, siapa pula yang ga suka?
Katanya..sebuah gambar bisa bernilai lebih dari seribu kata. Jadi, saya cukupkan dengan gambar-gambar saja untuk mendeskripsikan enaknya banana bread ini. Beneran.. lembut, moist dan legit pisang.. dilengkapi selai coklat hazelnut, aihh.. Apalagi harumnya pas lagi dipanggang, wangi kue pisang dipadu harum coklat..walah.. Yoih, ga cuma sodara-sodara, saya juga terngiler-iler lagi sambil nulis ini postingan..


Bahan-bahan

  • 260 gr tepung terigu
  • 1 sdt soda kue
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt vanilla (saya pake yang bubuk)
  • 150 gr gula pasir
  • 2 telur ukuran besar
  • 90 ml minyak
  • 60 ml buttermilk
  • 3 pisang yang sudah matang, lumatkan dengan garpu
  • 1 cawan kecil nutella (kurang lebih 75 ml)
  • >hangatkan 20 detik di microwave atau di-tim

Cara membuat

  1. Panaskan oven 175 Celsius. Alasi dua loyang 23x7x5 cm dengan kertas roti di semua sisinya. Atau olesi dengan mentega dan taburi dengan tepung
  2. Campur dan ayak 4 bahan pertama (tepung, soda kue, garam dan vanilla) di mangkok besar. Sisihkan. note: Jika menggunakan vanilla cair, campur vanilla dengan bahan basah di tahap berikutnya.
  3. Dengan menggunakan hand whisk, kocok telur dan gula pasir hingga rata, tambahkan minyak, kocok rata lagi. Kemudian tambahkan buttermilk dan pisang, kocok rata.
  4. Tuang bahan cair yang sudah dikocok rata tadi ke bahan kering (campuran tepung), aduk rata. Saya awali dengan mengaduk menggunakan hand whisk  kemudian saat mulai terlihat menyatu, saya gunakan spatula untuk menyisir sisi-sisi dan bagian bawah mangkok, memastikan semua sudah tercampur rata.
  5. Tuang adonan di kedua loyang menggunakan sendok sayur. Tuang 1 sendok ke loyang pertama, kemudian 1 sendok ke loyang kedua. Ambil sesendok munjung nutella, tuang ke atas adonan di loyang pertama. Lakukan juga ke loyang kedua. Kemudian tuang lagi dengan 1 sendok adonan masing-masing, diikuti nutella dan begitu seterusnya.
  6. tuang sisa nutella di atas kemudian bentuk marmer dengan bantuan sumpit/garpu/pisau
  7. Panggang 40 menit. Cek dengan tusuk gigi, jika tusuk gigi yang ditusuk keluar bersih artinya sudah matang.

Note: bagian yang terkena melted nutella akan tetap basah, karena memang begitu maunya ya..
Biarkan cake/bread di loyang selama 15 menit, baru dikeluarkan. Biarkan dingin di suhu ruang
Kalo saya..panas-panas langsung dipoto. Abis dipoto langsung serbuuu.. :D :D

Sumber: Dapur Mama Aisyah

No comments:

Post a Comment